Tips Mudah Membedakan Ayam Berformalin, Ayam Suntik dan Ayam Tiren

Tips Mudah Membedakan Ayam Berformalin, Ayam Suntik dan Ayam Tiren
Banyak cara digunakan oleh oknum pedagang untuk mencari keuntungan. Diantaranya adalah menjual daging ayam berformalin, ayam suntik dan ayam tiren. Ayam-ayam tersebut biasanya kelihatan segar seperti daging ayam pada umumnya. Untuk membedakannya anda harus jeli, karena daging ayamnya hampir serupa dan tak jauh berbeda.

Seperti yang kita ketahui, menjelang hari raya atau lebaran permintaan bahan makanan seperti daging ayam memang sangat meningkat di pasaran. Ketika anda membeli ayam, anda harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilih dan membedakan ayam segar dan berkualitas dengan ayam sebaliknya. Saat ini banyak beredar ayam tiren, ayam berformalin dan ayam suntik di pasaran. Nah, agar anda tidak terjebak ketika memilih ayam, berikut ini kami sajikan tips mengenali ayam suntik, ayam tiren dan ayam berformalin berikut ini. Jangan sampai anda memasak ayam jenis ini.

daging ayam suntik


Tips Cermat Mengenali Daging Ayam Berformalin, Suntik, dan Ayam Tiren 

Tips Mengenali Ayam Berformalin


Pemakaian formalin pada bahan makanan tertentu saat ini sudah menggemparkan dan meresahkan banyak warga. Formalin itu sendiri merupakan bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan tidak dianjurkan untuk dipakai pada bahan makanan. Namun, demi meraup keuntungan yang lebih banyak biasanya banyak pedagang yang memanfaatkan bahan kimia yang satu ini agar dagangannya lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Salah satu bahan makanan yang sering diawetkan dengan menggunakan formalin yaitu ayam. Berikut ini ciri-ciri ayam berformalin.


  1. Ayam berformalin memiliki daging dengan tesktur yang kenyal dan warnanya putih mengkilat.
  2. Ayam berformalin juga biasanya memiliki aroma yang khas seperti menyerupai bau obat.
  3. Selain itu, lalat enggan hinggap pada ayam berformalin sehingga dagingnya tidak dikerubuti oleh lalat.

Tips Mengenali Ayam Suntik

Ayam suntik merupakan ayam yang ditambahkan air dengan cara disuntikan pada bagian dada, punggung, atau paha. Cara ini dilakukan agar ayam yang kecil bisa terlihat besar. Berikut ini ciri-ciri ayam suntik yang harus diwaspadai.

  1. Ayam suntik biasanya memiliki kulit yang mengkilap dan teksturnya tidak kesat.
  2. Daging ayam ketika dimasak akan mengeluarkan cukup banyak air dan ukurannya akan menyusut.
  3. Ketika ditekan daging ayam akan kencang dan tidak lembek.
  4. Jika daging ayam disimpan dengan posisi digantung atau ketika diangkat akan banyak meneteskan air. Jika ayam tersebut diletakan akan terlihat basah dan air akan menggenang di sekitarnya.

Tips Mengenali Ayam Tiren


Ayam tiren merupakan ayam yang sudah mati sebelum dipotong atau dijual. Ayam ini apabila dikonsumsi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Berikut ini ciri ciri ayam tiren yang harus anda cermati.

  1. Ayam tiren biasanya memiliki aroma yang lebih amis dibandingkan dengan ayam lainnya.
  2. Bekas potongan pada  bagan leher ayam akan terlihat sedikit dan tidak lebar.
  3. Ayam tiren memiliki daging yang berwarna pucat, tidak segar atau kebiruan.
  4. Pada bagian leher atau kepala ayam terdapat bercak-bercak darah.


Itulah tips membedakan ayam berformalin, ayam suntik dan ayam tiren. Mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan bagi anda agar tidak salah lagi memilih daging ayam segar untuk dimasak untuk keluarga anda.